Pelantikan Peni Kusumastuti Lukito Sebagai Kepala Bpom

  • 20 Juli 2016
Pelantikan Peni Kusumastuti Lukito Sebagai Kepala BPOM

JAKARTA – Presiden Joko Widodo melantik Peni Kusumastuti Lukito menjadi kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada Rabu (20/7) di Istana Negara. Peni yang sebelumnya merupakan pejabat fungsional Perencana Utama Kementerian PPN/Bappenas kini dipercaya menjabat menjadi kepala BPOM menggantikan Roy Alexander Sparringa.

Beliau pernah mengikuti pendidikan kepemimpinan (Leadership) diantaranya pada Oktober 2001 menjadi lulusan terbaik pertama dalam Diklat SPAMA Kepemimpinan Tingkat III Bappenas-LAN. Lalu. Pada Agustus 2009 beliau lulus Diklat SPAMEN/Kepemimpinan Tingkat II, Angkatan XXVII LAN. Beragam pengalamannya dalam berkarier sebelumnya di pemerintahan diharapkan dapat berkontribusi maksimal pada kemajuan lembaga yang kini dipimpinnya.

“Tugas kami ke depan adalah memperkuat sistem pengawasan obat dan makanan untuk menjaga kesehatan masyarakat, keselamatan bangsa, dan masa depan bangsa kita. Pak Presiden menegaskan bahwa permasalahan yang ada adalah masalah manajemen juga tata kelola dari pengawasan obat dan makanan. Saya berkomitmen untuk membangun sistem dan kerjasama yang lebih baik untuk tindak lanjut hasil pengawasan. Inti pengawasan ada dua hal, pertama adalah kemandirian dan yang kedua adalah tindak lanjut dari hasil pengawasan tersebut. Itu yang masih lemah dan akan diperkuat dengan dukungan penuh dari Bapak Presiden,” jelas Peni kepada awak media selepas dilantik.

Adapun rentetan perjalanan karier Penny dimulai di Bappenas antara lain menjadi Kepala Bagian Penataan Ruang, Direktorat Penataan Ruang, Pertanahan, dan Lingkungan Hidup Deput Regional dan Otonomi Daerah (2000-2001); Kepala Sub-Direktorat Lingkungan Hidup, Direktorat Penataan Ruang, Pertanahan, dan Lingkungan Hidup, Deputi Bidang Regional dan Otonomi Daerah (2001-2002); Direktur Perkotaan dan Perdesaan, Deputi Bidang Regional dan Otonomi Daerah (2002-2005); Inspektur Bidang Kinerja Kelembagaan, Inspektorat Utama (2005-2007); Direktur Lingkungan Hidup, Deputi Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup (2007-2008); Direktur Sistem dan Pelaporan Evaluasi Kinerja Pembangunan, Deputi Evaluasi Kinerja Pembangunan (2008-2001); Anggota Komisi Nasional Perumusan Agenda Pembangunan Pasca MDG-2015 (2012-2014) hingga pada tahun 2013 menjabat sebagai Pejabat Fungsional Perencana Utama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

Peni dilantik berdasarkan surat Keputusan Presiden RI Nomor 68/TPA Tahun 2016 tentang pengangkatan pejabat pimpinan tinggi utama di lingkungan BPOM. Pelantikan dihadiri oleh pimpinan lembaga negara antara lain Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR Oesman Sapta, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Ketua DPD Irwan Gusman, dan Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali. Hadir pula Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, serta Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Wakapolri Komjen Budi Gunawan dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Sumber : Kementerian PPN/BAPPENAS

  • 20 Juli 2016

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita