RPJMD Kabupaten Bangli 2010-2015

  • 02 Oktober 2014
  • Dibaca: 451 Pengunjung

Sesuai dengan UU No. 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Nasional, bahwa perencanaan pembangunan nasional terdiri atas perencanaan pembangunan yang disusun secara terpadu oleh kementerian/lembaga dan perencanaan pembangunan oleh pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya.

Perencanaan pembangunan sebagaimana dimaksud di atas menghasilkan rencana pembangunan jangka panjang meliputi 20 tahun berupa Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), rencana pembangunan jangka menengah meliputi lima tahun berupa Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM), dan rencana pembangunan tahunan meliputi satu tahun berupa Rencana Kerja Pemerintah (RKP). Penyusunan RPJP daerah provinsi dan kabupaten/kota berpedoman kepada RPJP nasional yang merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program Presiden. Sedangkan penyusunan RPJP daerah kabupaten/kota selain berpedoman kepada RPJP nasional juga merupakan penjabaran visi dan misi Bupati/Wakil Bupati terpilih.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN), pasal 19 menyatakan bahwa RPJMD ditetapkan dengan Peraturan Bupati, paling lambat 3 (tiga) bulan setelah Bupati/Wakil Bupati dilantik. RPJMD akan menjadi acuan resmi penyusunan Rencana Kerja Tahunan Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten setiap tahunnya. RPJM merupakan dokumen resmi yang menjadi payung hukum dalam perencanaan pembangunan daerah. Pasal 150 ayat (3) butir e Undang-Undang No. 32 Tahun 2004, menyatakan bahwa RPJPD dan PRJMD ditetapkan dengan Peraturan Daerah atau Qanun, yang berpedoman pada Peraturan Pemerintah yang mengatur di atasnya. Pasal 15, PP No. 8 Tahun 2008, menyatakan bahwa RPJMD ditetapkan dengan Peraturan Daerah setelah berkonsultasi dengan Menteri

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJM) merupakan  dokumen yang disusun melalui proses yang sistematis dan berkelanjutan serta merupakan penjabaran dari visi dan misi kepala daerah yang terpilih dan terintegrasi dengan potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh daerah bersangkutan, dalam hal ini daerah Kabupaten Bangli. RPJMD ini disusun agar Pemerintah Kabupaten Bangli mampu menjawab tuntutan perkembangan lingkungan strategis daerah Kabupaten Bangli, Provinsi Bali dan Nasional serta tuntutan Global yang dinamis.

  • 02 Oktober 2014
  • Dibaca: 451 Pengunjung

Pengumuman Lainnya

Cari Pengumuman